Disini Yannimargo.... Disana siapa ya .... Yannimargo.Blogspot: E-Commers dan Sistem Informasi Perusahaan Lazada

web stats

Minggu, 15 Desember 2013

E-Commers dan Sistem Informasi Perusahaan Lazada


E-COMMERS
DAN SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN LAZADA
MAKALAH
Ditulis untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Pada Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi
Semester 3 Pendidikan Program Diploma 3
Dosen Pengampu:
Jeperson Hutahaean, M.Kom
Oleh :
Kelompok III / Kelas MI 3H

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ROYAL
KISARAN
2013

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan rahmatNya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.Dalam penyusunan makalah ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Sebagai manusia biasa, penulis tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik penulisan maupun tata bahasa. Meskipun demikian penulis berusaha sebisa mungkin menyelesaikan makalah ini meskipun tersusun sangat sederhana.
Penulis menyadari tanpa kerja sama antara pengampu kami Bapak Jeperson Hutahaean, dan penulis serta beberapa kerabat yang memberi berbagai masukan yang bermanfaat bagi penulis demi tersusunnya makalah ini. Untuk itu penulis mengucapakan terima kasih telah bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan arahan dan saran demi kelancaran penyusunan makalah ini.
Demikian semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan saran serta kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun.
Penulis,
Kelompok 3
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .............................................................................. i
DAFTAR ISI ............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN ......................................................................... 1
1.1 Latar Belakang Tujuan Pembahasan E-commerce ............................. 1
1.2 Ruang Lingkup .................................................................................... 2
1.3 Sistematika Penulisan ......................................................................... 3
BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN ................................... 4
2.1 Profil Perusahaan ................................................................................ 4
BAB III PEMBAHASAN ........................................................................ 6
3.1 Model Sistem Umum Perusahaan Lazada .......................................... 6
3.2 Sistem Pembelian Di dalam Lazada . .................................................. 6
3.3 Sistem Pengiriman Barang .................................................................. 7
3.1.1 Syarat dan Ketentuan .............................................................. 7
3.1.2 Penggunaan Situs .................................................................... 7
3.1.3 Drop Shipment ........................................................................ 8
3.4 Penerimaan Pesanan dan Harga .......................................................... 8
3.5 Trademarks and Copyrights ................................................................ 9
3.6 Yuridiksi dan Ketentuan Hukum Yang Berlaku ................................. 9
3.7 Pemutusan ........................................................................................... 9
3.8 Privasi dan Kerahasiaan ...................................................................... 9
3.8.1 Keamanan ................................................................................ 10
3.8.2 Hak Users ................................................................................ 11
BAB IV KESIMPULAN .......................................................................... 12
4.1 Kesimpulan .......................................................................................... 12
4.2 Kelebihan dan Kekurangan dari E-commerce .................................... 13
ii
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Tujuan Pembahasan E-commerce

Selama tahun 2012, sebanyak 88,1% pengguna internet berusia 14 tahun ke atas di negeri Paman Sam (Amerika Serikat) akan mencari produk melalui web.Pembeli produk online akan mencapai 154,6 juta atau mengalami peningkatan 4,4% dibandingkan tahun 2011. Di bidang e-commerce, sebanyak 26% pengguna internet akan menghabiskan waktunya untuk melakukan reservasi perjalanan dan wisata, membeli peranti elektronik (27%), membeli tiket pesawat (32%), dan membeli pakaian (36%). Situs e-commerce kini semakin banyak di Indonesia, tentu ini kabar baik bagi para netter yang sehari-hari menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer karena tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Situs e-commerce merupakan situs yang bermanfaat sebagai tempat jual beli barang dan jasa baik fisik maupun digital. Situs e-commerce di Indonesia diprediksi oleh banyak pengamat bahwa akan mengalami kemajuan yang pesat. Situs e-commerce kini menjadi pilihan bagi masayarakat karena kenyamanannya, artinya tidak perlu keluar ke pusat pertokoan, barang sudah bisa dibeli dan langsung diantar kerumah. Situs e-commerce menjual barang yang bermacam-macam, mulai dari perangkat elektronik, gadget, buku, produk fashion, hingga voucher diskon.Dalam situs e-commerce tersebut, Anda bisa berbelanja secara online kapan saja dan dimana saja Anda mau. Apabila Anda berniat untuk berbelanja secara online, biasanya Anda harus membuat akun dulu pada situs e-commerce yang bersangkutan. Karena seluruh barang belanjaan harus masuk dalam cart terlebihdulu, baru selanjutnya dibayar dan dikirim. Jika Anda malas keluar rumah atau jalan-jalan di mall, lebih baik buka situs e-commerce, tanpa antri, tanpa macet, tau-tau barang yang dipesan sudah sampai di rumah. Dari beberapa situs e-commerce di atas akan sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan aktifitas jual beli online. Dengan percepatan teknologi dewasa ini membuat segala sesuatunya dapat berjalan dengan mudah dan efisien, peranan manusia semakin dibantu dan dipermudah, hal tersebut sangat berdampak sekali dengan semakin mudahnya orang dalam melaksanakan tugasnya teknologi
1
informasi (Internet) yang ada sekarang ini dapat dimanfaatkan oleh banyak kalangan, mulai dari pelajar/mahasiswa sampai kepada tingkat perusahaan, bahkan para politisi serta pemerintah telah menggunakan teknologi informasi tersebut. Intemet dewasa ini sangatlah bermanfaat dan besar pengaruhnya terhadap kehidupan berinteraksi antar sesama manusia, kita dapat melakukan interaksi kepada semua orang diseluruh muka bumi ini tanpa harus melakukan perjalanan yang jauh dan mengeluarkan banyak biaya perjalanan, hal inilah yang dapat membuat manusia semakin dimudahkan dalam berinteraksi dengan menggunakan teknologi tersebut. Teknologi ini semakin banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin agar usahanya untuk dapat dikenal diseluruh dunia, tanpa harus melakukan ekspansi ke negara lain, dan yang pasti investasi yang dibutuhkan untuk ekspansi itu sendiri juga sangatlah mahal, maka dari itu perusahaan cukup dengan melakukan promosi lewat intemet maka perusahaan tersebut dapat langsung dikenal luas. Penggunaan transaksi pembayaran yang dilakukan dapat juga melalui Internet, yang kemudian konsep ini dikenal dengan e-commerce, yaitu melakukan transaksi perdagangan secara online. Dengan e-commerce maka rumitnya birokrasi administrasi dan pembayaran dapat dihapus. Konsep e-commerce itu sendiri menjadikan kegiatan bertransaksi dapat berjalan dengan mudah dan cepat, serta yang terpenting adalah menumbuhkan kepercayaan pembeli untuk dapat melakukan transaksi tersebutdengan jaminan keamanan jaringan Intemet yang betul-betul aman, disamping masalah desain web serta produk yang ditawarkan termasuk profil perusahaan, sehingga konsumen dapat tertarik untuk masuk ke website perusahaan dan selanjutnya melakukan transaksi online.
1.2 Ruang Lingkup

Penulisan Dalam tugas kelompok ini, kami membahas tentang bagaimana sistem e-commerce berjalan pada perusahaan lazada. Bagaimana proses yang terjadi dan bagaimana kelebihan serta kekurangan dari sistem lazada secara keseleuruhan.
2

1.3 Sistematika Penulisan

Kami membagi penulisan tugas kelompok ini menjadi 5 (lima) bab,dengan tujuan untuk mempermudah kami dalam menyelesaikan tugas kelompokserta mempermudah pembaca untuk mengerti isi atas laporan magang ini.Penulisan tugas ini terdiri atas rincian sebagai berikut: Bab 1: Pendahuluan Bab ini menjelaskan tentang latar belakang kenapa kita sebagai mahasiswa wajib mengetahui tentang perkembangan yang terjadi di dunia maya secara umumnya, dan sistem e-commerce secara khususnya. Bab 2: Gambaran Umum Perusahaan Bab ini menjelaskan mengenai profil perusahaan Lazada (www.lazada.co.id) yang menjadi sumber data kami dalam penulisan tugas kelompok ini. Di dalam bab ini juga terdapat thesis statement yang berisi tentang inti dari keseluruhan apa yang kami bahas di dalam tugas ini Landasan Teori Bab ini menjelaskan mengenai landasan-landasan yang digunakan dalam mempelajari e-commerce. Landasan teori di bab ini meliputi pengertian e-commerce, mekanisme di dalam sistem e-commerce, sistem pembayaran, sistem advertising, dan metode promosi serta isu yang terkait dengan hukum dan etika. Bab 3 : Pembahasan Bab ini menjelaskan mengenai gamparan umum sistem penjualan di dalama perusahaan e-commerce lazada, produk apa yang disediakan, bagaimana sistem pembelian dan cara pembayarannya, Universitas Indonesia. Syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh lazada, serta yang berkaitan dengan privasi dan kerahasiaa. Bab 4: Kesimpulan Bab ini berisikan tentang kesimpulan yang kami dapatkan setelah kami melakukan penulisan tugas kelompok ini.
3
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Profil Perusahaan

Lazada merupakan top online retailer di Indonesia. Perusahaan inimemberikan kesempatan kepada konsumen untuk membeli segala jenis produkyang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produkkesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah konsumen denganpelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru dan terbaik.Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila tidak memiliki kartukredit. Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu belanja online yangpaling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan kepada konsumensecara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan memberikanpengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yangmempunyai jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaikdan perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitasdalam pemberian pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secaramaksimal. Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasarIndonesia, antara lain :
1. Menyediakan produk premium dengan delapan kategori : elektonik- komputer, perlengkapan & peralatan rumah tangga, perlengkapan anak, produk kesehatan & kecantikan, perlengkapan travelling, perhiasan & jam tangan, serta perlengkapan olahraga. Untuk elektronik, Lazada menyediakan smartphones, televisi, video hingga berbagai aksesoris untuk melengkapi peralatan elektronik konsumen. Lazada juga menawarkan solusi untuk keperluan rumah tangga yang dapat ditemukan pada kategori perlengkapan & peralatan rumah tangga serta menyediakan berbagai macam aksesoris untuk hewan peliharaan kesayangan.
2. Apabila konsumen ingin piknik ke pantai atau hanya di halaman rumah, Lazada menyediakan berbagai perlengkapan untuk keperluan aktifitas luar

4

ruangan. Lazada juga memiliki berbagai pilihan peralatan pencahayaan, peralatan dapur, alat – alat untuk mengecat rumah dan masih banyak lagi. Lazada juga menawarkan produk untuk si buah hati mulai dari mainan anak-anak , meja dan kursi untuk bermain, matras hingga tempat tidur. Selain itu konsumen dapat menemukan berbagai peralatan make-up serta produk kesehatan & kecantikan disini. Bagi pelanggan yang memiliki hobi travelling, temukan juga pilihan perlengkapan travelling dan backpacks.
3. Lazada menawarkan discount dan harga yang menarik. Lazada sangat fokus dalam menyediakan berbagai produk dengan harga spesial. Lazada juga menawarkan dengan harga yang kompetitif dibandingkan retailer lainnya.
4. Untuk biaya ongkos kirim Lazada tidak mengenakan tarif sama sekali, dan sangat cepat sampai di depan pintu rumah pelanggan. Untuk pemesanan, Lazada menyediakan pelayanan yang cepat dan ekslusif dengan menggunakan kurir yang professional.
5. Lazada menerima pembayaran dengan uang tunai, kredit maupun debit. Permasalahan Lazada merupakan toko online yang menjual beberapa produknya menggunakan Blog dan twitter sebagai alat e-commerce, mereka memasarkan berbagai jenis produk beserta klasifikasi dan harga yang dicantumkan di setiap label barang/produk yang dijual. Hal ini yang membuat pelanggan dengan mudah memilih dan mengakses setiap jenis produk yang diinginkan. Manfaat dari penggunaan e-commerce itu sendiri adalah inovasi-inovasiyang disediakan mempunyai banyak manfaat bagi organisasi, perorangan, danmasyarakat, selain itu e-commerce dapat membuat pasar nasional.

5
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Model Sistem Umum Perusahaan Lazada

Gambaran Umum Sistem Penjualan Lazada Penjualan dalam Lazada lebih berfokus kepada B2C (Business to Customer) dimana target pemasaran perusahaan adalah pembeli individu. Sistempenjualan di Lazada ingin memberikan sebuah pengalaman kepada pembeli ataucustomer experience yang berbeda dari jika pembeli membeli dari toko secarafisik. Lazada lebih berfokus kepada penjualan produk electronik, buku,software, perlengkapan otomotif, dan peralatan rumah tangga serta sejumlah kecil aksesoris, peroduk kecantikan dan kesehatan. Sejumlah merk terkenal telahterdaftar di Lazada Indonesia. Salah satu keunggulan yang diberikan Lazada adalah layanan antar gratisdi wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek dan sistem Cash On Delivery untukwilayah Jakarta. Perusahaan juga menyediakan layanan customer service dengan nomor 081285866825 / 021 46652854. Layanan konsumen berlaku pukul 09:00 – 21:00 untuk hari senin – jumat dan pukul 09:00 – 17:00 untuk hari sabtu. Produk Yang Disediakan Didalam Lazada Beberapa produk premium yang ditawarkan dan tersedia saat ini di Lazada adalah :  Elektronik Komputer,  Perlengkapan dan peralatan rumah tangga,  Perlengkapan anak,  Produk kesehatan dan kecantikan,  Perhiasan dan jam tangan,  Perlengkapan otomotif,  Perlengkapan olahraga.
3.2 Sistem Pembelian Di dalam Lazada.

Metode Pembayaran Perusahaan merepakan sistem pembayaran secara online sesuai dengan segmen perusahaan yaitu penjualan secara e-commerce. Sebelum pembayaran dilakukan pembeli terlebih dahulu mengisi identitas pembeli di kolom informasi pelanggan. Kolom informasi pelanggan berisi Alamat penagihan, email, password email, nama depan, nomor ponsel, nomor lainnya, tanggal lahir, jenis kelamin, jenis alamat (apakah alat yang dituju adalah alamat kantor atau alamat rumah), alamat, provinsi, kota, kode pos, kecamatan atau kelurahan. Kemudian pembeli yang melakukan transaksi di dalam Lazada dapa tmenggunakan e-credit cards sebagai alat pembayaran. Sistem
6
pembayaranpertama melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit yangdikeluarkan oleh Visa dan Master Cards. Sistem pembayaran kedua adalah bank transfers, dimana pembeli dapatmenggunakan sistem transfer melalui 2 rekening yang tersedia yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Lazada juga memberikan kemudahan kepada pembeli yang berasal dari Jabodetabek secara umumnya dan Jakarta secara khususnya dapat dilayani dengan sistem Cash On Delivery.
3.3 Sistem Pengiriman Barang

Lazada melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia melalui rekan bisnisnya yaitu GED. Sedangkan untuk pengiriman diwilayah Jakarta dan sekitarnya, lazada menggunakan rekan bisnis nya yaitu Go-Jek. Pada saat promo dengan event tertentu lazada dapat menggratiskan biaya kirim ke seluruh Indonesia untuk lebih menarik minat konsumen dengan berbelanja di lazada.
3.3.1 Syarat dan Ketentuan

Pembukaan Account Syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh Lazada diberlakukan kepada seluruh pengguna situs Lazada (www.lazada.co.id. Selaku operator situs lazada, dan semua divisi, anak perusahaan, serta afiliasi situs internet yang berdasarkan referensi syarat dan ketentuan yang berlaku.
3.3.2 Penggunaan Situs

Pengguna situs ini diwajibkan berusia minimal 18 tahun atau mengakses dibawah pengawasan orang tua atau wali hukum. Lazada memberikan konten yang disediakan hanya untuk tujuan informasi,dan disebutkan juga didalam situs tersebut bahwa produk yang direpresentasikan pada situs ini adalah milik vendor dan tidak dibuat oleh lazada nya sendiri. Sedangkan opini di dalam situs lazada adalah pendapat individu yang telah terdaftar sebagai anggota lazada. Selama proses pendaftaran lazada mewajibkan persetujuan kepada users untuk menerima email promosi dari situs yang merupakan bagian dari advertisingyaitu permission marketing.
7

3.3.3 Drop Shipment

Ketentuan drop shipment berlaku untuk barang-barang furniture dan home appliances, dan tim customer service dari lazada akan menelepon pelanggan setelah transaksi disahkan untuk mengkonfirmasi waktu pengiriman dan penerimaan barang. Produk hanya akan diserahkan kepad pihak yang melakukan pembayaran lunas (pembeli) atau pihak yang telah ditunjuk oleh pembeli tersebut. Jika pada saat pengiriman barang-barang kategori furniture dan home appliances, pelanggan atau pihak yang telah ditunjuk sebagai penerima barang tidak berada ditempat, maka biaya pengiriman ulang akan dibebankan kepada pelanggan. Sebelum pengiriman, pelanggan akan diingatkan mengenai hal ini padasaat konfirmasi telepon awal. Apabila pelanggan menunjuk pihak lain sebagai penerima barang, pihak yang ditunjuk diwajibkan untuk menunjukkan kartu identitas berupa SIM, KTP,atau Paspor.
Submisi Pengguna Lazada telah menerapkan sebuah peraturan yang berisi bahwa segala apapun yang users berikan kepada situs lazada, seperti pertanyaan, ulasan, komentar, dan saran akan menjadi milik tunggal dan eksklusif untuk lazada dan tidak akan dikembalikan kepada users.
3.4 Penerimaan Pesanan dan Harga

Didalam situs lazada disebutkan bahwa ada kemungkinan kasus-kasus ketika order tidak dapat diproses karena berbagai alasan. Situs berhak untuk menolak atau membatalkan pesanan dengan alasan apapun pada waktu tertentu. Users mungkin akan diminta untuk memberikan verifikasi tambahan atau informasi. Lazada bertekad untuk memberikan informasi harga yang paling akurat pada situsnya, tetapi lazada juga menyebutkan didalam situsnya bahwa kesalahan pemberian informasi yang akurat bisa saja salah, seperti ketika harga item tidak ditampilkan dengan benar di dalam websitenya. Dengan demikian pihak lazada berhak untuk menolak atau membatalkan pesanan apapun. Pihak lazada akan menghubungi pembeli untuk memberitahukan pembatalan tersebut. Di dalam situsnya juga disebutkan bahwa pihak lazada berhak untuk menolak atau membatalkan pesanan seperti apakah pesanan telah dikonfirmasi dan kartu kredit pengguna akan dikenakan biaya.
8

3.5 Trademarks and Copyrights

Seperti yang telah disebutkan didalam situs lazada, bahwa semua kekayaan intelektual apakah terdaftar maupun tidak terdaftar disitus, informasi konten pada situs dan semua desain website, telah dilindungi oleh hak cipta sebagai karya kolektif dibawah hukum hak cipta Indonesia dan konvensi internasional.
3.6 Yuridiksi dan Ketentuan Hukum Yang Berlaku

Disebutkan didalam situs lazada, bahwa syarat dan ketentuan yang telah disebutkan akan ditafsirkan dan diatur oleh hukum yang berlaku di Jakarta, Indonesia. Dengan ini setuju untuk tunduk kepada yurisdiksi pengadilan dari Jakarta dan untuk mengesampingkan keberatan berdasarkan tempat.
Arbitrase Kontroversi, klaim atau sengketa yang timbul dari atau berhubungan dengan syarat dan ketentuan yang telah disebutkan didalam situs lazada akan disebut dan akhirnya diselesaikan oleh arbitrase mengikat diri peribadi dan rahasia sebelum arbiter tunggal yang diselenggarakan di Jakarta, Indonesia dalam bahasa dan diatur oleh hukum Indonesia berdasarkan Peraturan Komersial Konsiliasi dan Arbitrasi, sebagaimana telah diubah, diganti atau kembali diberlakukan dari waktu ke waktu.
3.7 Pemutusan

Disebutkan disini yang dimaksud dengan pemutusan adalah pemutusan bersifat dilarangnya users yang telah diblock oleh situs tersebut, sehingga users tidak bisa menggunakan aksesnya didalam situsnya tersebut karena syarat dan kondisi yang berlaku. Didalam situsnya disebutkan bahwa jika users tidak bersedia untuk menerima segala ketetapan yang telah dibuat pihak lazada, users memiliki upaya hukum tunggal dan eksklusif untuk menghentikan penggunaan situs ini.
3.8 Privasi dan Kerahasiaan

Penggunaan Data Yang Diperoleh Dijelaskan didalam situs lazada, bahwa PT. Pilar Utama Cakrawala sebagai pihak yang menjalankan situs
9
www.lazada.co.id sangat menghargai privasi setiap users dan akan menjaga setiap informasi pribadi users bersangkutan sebaik mungkin. Pihak lazada mendapatkan informasi tentang users sebagai bagian dariproses jual-beli didalam situs tersbut. Informasi yang didapat tidak hanya terbatas pada username, password, nama, gelar, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat email,alamat rumah, alamat pos, tetapi juga bersangkutan dengan alamat pengiriman. Jika berbeda dengan alamat rumah, nomor telepon, nomor ponsel, nomor fax, rincian pembayaran kartu kredit dan rincian rekening bank. Nama dan alamat itu juga akan diberikan kepada pihak ketiga sebagai bagian dari pengiriman barang yang telah dibeli. Tidak hanya terbatas sebagai bagian dari proses pengiriman, tetapi lazada juga dapat meberikan informasi users kepada perusahaan lain yang masih dalam kelompok usaha lazada dibawah naungan Rocket Internet. Seperti contoh, pihak lazada dapat menggunakan pihak ketiga untuk membantunya dalam bukti pengumpulan pembayaran, menganalisis data sebagai tujuan perlindungan penipuan dan pengurangan resiko kredit. Cookies adalah file teks kecil yang mengidentifikasikan komputer pengguna kedalam server lazada sebagai unique users pada saat users mengunjungi halaman situs lazada. Cookies dapat mengidentifikasikan alamat IP (Internet Protocol) komputer users. Pada situs lazada, pihak pengoperasian situs menggunakan GoogleAnalytics yaitu analisis layanan web yang disediakan oleh Google Inc. Google Analytics akan menganalisis cookies pada komputer users dan data yang diadapttakan ditransmisikan dan disimpan oleh Google pada server di Amerika Serikat.Informasi yang yang dihasilkan adalah tentang penggunaan situs web (termasuk alamat IP komputer users).
3.8.1 Keamanan

Pihak lazada telah mengantisipasi mengantisipasi kemungkinan masalahkeamanan yang berkaitan dengan tercurinya database mereka denganmenggunakan firewall pada sistemnya. Kemudian pihak lazada juga menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer (SSL) coding yang diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin keamanan 100% dari pencurian oleh cracker. Oleh karena itu users dihimbau untuk tidak
10
mengirimkan rincian lengkap kartu kredit dan debit di enkripsi komunikasi elektronik.
3.8.2 Hak Users

Jika users khawatir tentang data pribadinya, users memiliki hak untukmeminta akses ke data pribadi yang pengelola situs simpan. Users juga memiliki hak untuk meminta pengelola situs untuk memperbaiki kesalahan dalam datanya secara gratis dan meminta pengelola situs untuk berhenti menggunakan data pribadi users untuk tujuan pemasaran langsung. Media Publikasi Layaknya sistem penjualan yang berbasis pada online sales, makaperusahaan juga memiliki bagian pemasaran yang memasarkan berbagai produkmereka tidak hanya melalui web (www.lazada.co.id) tetapi juga lazada melakukan kegiatan publikasi melalui media seperti : 1. Facebook ( dengan nama ID Lazada.co.id) 2. Twitter (dengan nama ID @LazadaID) 3. Linkedln (dengan nama ID Lazada Indonesia) 4. Google+ (dengan nama ID Lazada Indonesia,) 5. Youtube (dengan nama ID LazadaID) 6. Pinterest (dengan nama ID LazadaID) dan 7. Blog (dengan alamat www.blog.lazada.co.id) Melalui pemasaran lewat media publikasi yang sudah terdaftar atas nama Lazada indonesia, para pembeli bisa mengakses melalui situs media sosialfavourite mereka, dan melalui media sosial tersebut, pihak lazada akanmengarahkan langsung kedalam situs web nya sendiri (www.lazada.co.id) jikacalon pembeli tertarik untuk membeli produk tersebut.
11
BAB IV
KESIMPULAN
4.1 Kesimpulan

Lazada.co.id baru berdiri sekitar 3 bulan. Tetapi jika dilihat dari kesuksesan yang diraih perusahaan bagaimana kita melihat isi dari website mereka, terlihat lebih banyak barang yang ditawarkan. Jika merujuk kepada kesuksesan yang telah diraih pendahulunya yaitu amazon (www.amazon.com)memang ini masih sangat jauh, karena sistem dari lazada sendiri yang lebih berfokus kepada regional, tidak seperti amazon yang bisa melayani seluruh dunia.Lazada lebih banyak disebar diberbagai negara, dimana untuk wilayah asia tenggara, indonesia lah yang menjadi cabang pertama dari lazada. Keunggulan lazada adalah mereka berfokus kepada daerah layanan mereka sendiri yang lebih bersifat regional, seperti lazada ID berfokus kepada pelayanan kepada konsumen diseluruh indonesia. Tidak hanya itu, dengan menggandeng mitra bisnis seperti Go-Jek dan GED sebagai bagian dari proses pengiriman barang sangat mengurangi resiko barang tidak sampai ke tangan konsumen. Sesuai dengan wawancara kami dengan salah satu karyawan Lazada, Bapak Irsyad, perusahaan pada awalnya mengalami hambatan karena dalam melakukan penjualan dikarekan masih barunya situs lazada ini.
Walaupun mengalami hambatan dalam melakukan penjualan di awal-awal pembentukan lazada indonesia, pihak lazada sangat merespon dengan sangat baik dengan melakukan berbagai promo untuk menaikkan keinginan masyarakat berbelanja di dalam situs mereka. Sehingga jika melihat kesuksesan yang diraih oleh lazada kita dapat menyimpulkan bahwa, sistem e-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket internet dengan anak perusahaanya yaitu lazada sangat diminati oleh para konsumen. Dengan pergerakan volume penjualan setiap bulannya, seperti gambar dibawah ini : Tabel 2 Penjualan (dalam unit) 9000 8000 7000 6000 5000 4000 Penjualan (dalam 3000 unit) 2000 1000 0 maret april mei minggu pertama Kenaikan penjualan disebabkan karena tersedianya beraneka ragam kebutuhan elektronik dan kebutuhan lainnya yang menjadi segmen penjualan perusahaan, tidak memerlukan proses yang rumit dalam melakukan
12
pembayaran dan konsumen diberikan kemudahan dengan pihan pembayaran dengan syarat danketentuan yang berlaku, dan dilayani dengan sistem pengiriman yang baik sehingga pelanggan yakin bahwa barang yang diterimanya selamat sampaiditujuan disamping vallue added lainnya seperti kemudahan yang didapatkan oleh konsumen yaitu bisa berbelanja hanya melalui komputer, serta memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan berbelanja pada toko secara fisik.
4.2 Kelebihan dan Kekurangan dari E-commerce

Lazada Indonesia Inovasi yang diciptakan oleh manusia memberikan banyak keuntungan untuk sebuah perusahaan secara umumnya dan pembeli secara khususnya. Keuntungannya adalah bagaimana perusahaan bisa menyerap pembeli dari tingat nasional sampai internasional. Sedangkan bagi pembeli adalah pembeli dapat mengakses itu semua dengan cepat dan mudah serta memberikan kemudahan dalam memilih setiap produk yang disediakan. Kelebihan yang sangat berbeda dengan sistem e-commerce lainnya adalah, pelayanan yang diterapkan oleh lazada sangat profesional, terlihat dengan sistem pengirimannya yang menggandeng Go-Jek untuk layanan antar COD, dan GED untuk layanan antar diluar area Jakarta dan sekitarnya. Selain itu kemudahan yang disediakan untuk melakukan pesanan tanpa harus melalui proses yang sangat berbelit-belit serta bagaimana juga konsumen tanpa harus menunggu lama-lama agar barangnya tiba ditempat yang diinginkan. Kekurangan dari lazada yang sangat menonjol adalah tidak menutup kemungkinan dari consumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs e-commerce ini yang dikarenakan nomor customer service yang dicantumkan di situs merupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama dengan kebanyakan situs / penjual produk bohongan (penipuan) yang juga tersebar di internet.

13

1 komentar:

  1. Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

    Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
    Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
    kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
    selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
    Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
    Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
    Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
    dan jg nama besar Beliau
    tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
    dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
    apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
    Saya bilang saya terlantar disingapur
    tidak ada ongkos pulang.
    dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
    setelah saya kirim biaya ritualnya.
    beliau menyuruh saya untuk menunggu
    sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
    dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
    apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
    dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
    gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
    angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
    dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
    sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
    Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
    Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

    ~~~Hub;~~~

    Call: 0823 5329 5783

    WhatsApp: +6282353295783

    Yang Punya Room Trimakasih

    ----------

    BalasHapus