Disini Yannimargo.... Disana siapa ya .... Yannimargo.Blogspot

web stats

Minggu, 15 Desember 2013

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan) . Adapun pendapat mengenai pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah subperangkat dari E-Bisnis. cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online. Pada umumnya pengunjung Website dapat melihat barang atau produk yang dijual secara online (24 jam sehari) serta dapat melakukan correspondence dengan pihak penjual atau pemilik website yang dilakukan melalui email. Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-com.

BAB II
ISI
2.1 PROFIL PERUSAHAAN Tokopedia.com adalah salah satu jaringan toko paling terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari costumer-ke-costumer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan). PT Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tanggal 6 Februari 2009, sedangkan Tokopedia.com dibuka untuk public beta pada tanggal 17 Agustus 2009. Tokopedia menerima pendanaan awal sebesar Rp. 2,5 miliar dari PT. Indonusa Dwitama dan setelah kesuksesan awal, Tokopedia menerima dana investasi lebih lanjut dari East Ventures, perusahaan yang berbasis di Singapura yang fokus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang berkembang.
2.2 LAYANAN TOKOPEDIA 2.2.1 Sistem Pembayaran Sistem pembayaran transaksi di Tokopedia itu didasarkan pada sistem escrow yang dijalankan dan dijaga oleh PT Tokopedia. Dalam hal ini Tokopedia akan menjadi pihak ketiga yang menengahi transaksi antar penjual dan pembeli. Ketika calon pembeli ingin membeli sebuah barang dari penjual di Tokopedia, maka pembeli harus melakukan transfer pembayaran ke Tokopedia terlebih dahulu. Jika transfer berhasil, kemudian Tokopedia akan memberi tahu penjual bahwa pembayaran sudah diterima oleh Tokopedia dan penjual bisa melakukan pengiriman barang yang sudah dipesan pembeli.
2.2.2 Pengguna Tokopedia mempunyai 56,538 pengguna terdaftar, 5,984 toko daring, dan 115,617 produk yg ditawarkan (per tanggal 01 November 2010). Selama periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010, Tokopedia membukukan total transaksi sebesar hampir 6 miliar rupiah .
2.2.3 Penghargaan Pada tahun 2009, Tokopedia memenangkan penghargaan “Corporate Awards E-Commerce Category” dari Bubu Awards.
2.2.4 Jenis Produk
TOKOPEDIA Indonesia memiliki pilihan produk mulai dari elektronik, gadget IT, peralatan eletronik rumah tangga, alat kesehatan dan kecantikan, buku, CD musik, mainan anak-anak, peralatan bayi, perlengkapan traveling, dan olahraga. Kini TOKOPEDIA juga mulai merambah produk fashion seperti pakaian, tas, dan aksesoris.
2.3 KATALOG ON – LINE
Sumber :
Untuk berbelanja di tokopedia cukup mengunjungi web www.tokopedia.co.id. Maka akan muncul beranda yang menyajikan katalog secara online.
Untuk semua produk yang Tokopedia jual consumen e-commerse cukup meng-klik kategori seperti pada gambar dibawah. Dan untuk lebih mempermudah, consumen e-commerse bisa mencari langsung barang yang diinginkan dengan mengetik pada kolom yang tersedia.
2.4 CARA PENGIRIMAN
Untuk cara pengiriman, konsumen cukup memilih barang yang diinginkan. Maka akan memunculkan keterangan lebih lanjut tentang barang.
Apabila tertarik dengan barang tersebut, cukup anda pilih maka akan memunculkan daftar pembelian barang. Consumen e-commerse mengisi biodata sesuai yang dibutuhkan Tokopedia.
Setelah menyelesaikan biodata maka lanjutkan pembelian. Akan muncul konten :
Lalu Pilih Checkout
Tokopedia akan mengirimkan no. rek ke nomor consumen. Lalu Konsumen mentransfer uang ke rek. tersebut sesuai biaya yang telah ditetapkan.
2.5 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Perdagangan elektronik atau e-commerse (bahasa Inggris: Electronic commerce,juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan , pemasaran barang dan jasa yang dapat diakses melalui berbagai sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, http atau jaringan komputer lainnya. E-commerse dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-commerse (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari E-Commerce di Tokopedia
Kelebihan E-Commerce :
· Market exposure, melebarkan jangkauan
· Menurunkan biaya
· Memperpendek waktu product
· Meningkatkan customer loyality
· Meningkatkan value chain
Kelemahan E-Commerce :
· Isu security
· Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
· Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
· Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi
perkembangan e-commerce.
· Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila
tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.
Jadi Meskipun banyak terdapat kekurangan dalam E-Commerce namun peluang bisnis yang ada pada era seperti ini masih sangat besar karena perkembangan yang ada pada masyarakat.

BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Pengembangan aplikasi e-commerce bagi sebuah perusahaan / lembaga merupakan proses yang cukup kompleks. Melibatkan beberapa organisasi / situs dalam penanganan sekuriti dan otorisasi. Perangkat lunak aplikasi e-commerce dalam dunia bisnis dapat mendukung pemotongan rantai distribusi sehingga konsumen dapat memperoleh suatu produk dengan harga yang lebih murah.
DAFTAR PUSTAKA
1. www.tokopedia.com
2. http:/ E-Comerce/Blog Asnawi, ST. » Peluang Bisnis E-Commerce FKC.htm
3. http:/ E-Comerce/ruang-lingkup-electronic-commerce.htm

4. http:/ E-Comerce/PELUANG E-COMMERCE - Uncategorized - - doni.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar