E-COMMERS
DAN SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN
LAZADA
MAKALAH
Ditulis untuk Memenuhi Tugas
Kelompok
Pada Mata Kuliah Manajemen
Sistem Informasi
Semester 3 Pendidikan
Program Diploma 3
Dosen Pengampu:
Jeperson
Hutahaean, M.Kom
Oleh :
Kelompok III / Kelas MI 3H
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
INFORMATIKA
AKADEMI MANAJEMEN
INFORMATIKA DAN KOMPUTER ROYAL
KISARAN
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan rahmatNya sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah ini.Dalam penyusunan makalah ini penulis telah berusaha
semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Sebagai manusia biasa,
penulis tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik
penulisan maupun tata bahasa. Meskipun demikian penulis berusaha sebisa mungkin
menyelesaikan makalah ini meskipun tersusun sangat sederhana.
Penulis menyadari tanpa kerja
sama antara pengampu kami Bapak Jeperson Hutahaean, dan penulis serta beberapa
kerabat yang memberi berbagai masukan yang bermanfaat bagi penulis demi
tersusunnya makalah ini. Untuk itu penulis mengucapakan terima kasih telah
bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan arahan dan saran demi kelancaran
penyusunan makalah ini.
Demikian semoga makalah ini
dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan
saran serta kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun.
Penulis,
Kelompok 3
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
..............................................................................
i
DAFTAR ISI
.............................................................................................
ii
BAB I PENDAHULUAN
......................................................................... 1
1.1 Latar Belakang Tujuan
Pembahasan E-commerce ............................. 1
1.2 Ruang Lingkup
....................................................................................
2
1.3 Sistematika Penulisan
......................................................................... 3
BAB II GAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN ................................... 4
2.1 Profil Perusahaan
................................................................................
4
BAB III PEMBAHASAN
........................................................................ 6
3.1 Model Sistem Umum
Perusahaan Lazada .......................................... 6
3.2 Sistem Pembelian Di dalam
Lazada . .................................................. 6
3.3 Sistem Pengiriman Barang
.................................................................. 7
3.1.1 Syarat dan Ketentuan
.............................................................. 7
3.1.2 Penggunaan Situs
.................................................................... 7
3.1.3 Drop Shipment
........................................................................ 8
3.4 Penerimaan Pesanan dan
Harga .......................................................... 8
3.5 Trademarks and Copyrights
................................................................ 9
3.6 Yuridiksi dan Ketentuan
Hukum Yang Berlaku ................................. 9
3.7 Pemutusan
...........................................................................................
9
3.8 Privasi dan Kerahasiaan
...................................................................... 9
3.8.1 Keamanan
................................................................................
10
3.8.2 Hak Users
................................................................................
11
BAB IV KESIMPULAN
.......................................................................... 12
4.1 Kesimpulan
..........................................................................................
12
4.2 Kelebihan dan Kekurangan
dari E-commerce .................................... 13
ii
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Tujuan
Pembahasan E-commerce
Selama tahun 2012, sebanyak
88,1% pengguna internet berusia 14 tahun ke atas di negeri Paman Sam (Amerika
Serikat) akan mencari produk melalui web.Pembeli produk online akan mencapai
154,6 juta atau mengalami peningkatan 4,4% dibandingkan tahun 2011. Di bidang
e-commerce, sebanyak 26% pengguna internet akan menghabiskan waktunya untuk melakukan
reservasi perjalanan dan wisata, membeli peranti elektronik (27%), membeli
tiket pesawat (32%), dan membeli pakaian (36%). Situs e-commerce kini semakin
banyak di Indonesia, tentu ini kabar baik bagi para netter yang sehari-hari
menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer karena tidak perlu keluar
rumah untuk berbelanja. Situs e-commerce merupakan situs yang bermanfaat
sebagai tempat jual beli barang dan jasa baik fisik maupun digital. Situs
e-commerce di Indonesia diprediksi oleh banyak pengamat bahwa akan mengalami
kemajuan yang pesat. Situs e-commerce kini menjadi pilihan bagi masayarakat
karena kenyamanannya, artinya tidak perlu keluar ke pusat pertokoan, barang
sudah bisa dibeli dan langsung diantar kerumah. Situs e-commerce menjual barang
yang bermacam-macam, mulai dari perangkat elektronik, gadget, buku, produk
fashion, hingga voucher diskon.Dalam situs e-commerce tersebut, Anda bisa
berbelanja secara online kapan saja dan dimana saja Anda mau. Apabila Anda
berniat untuk berbelanja secara online, biasanya Anda harus membuat akun dulu
pada situs e-commerce yang bersangkutan. Karena seluruh barang belanjaan harus
masuk dalam cart terlebihdulu, baru selanjutnya dibayar dan dikirim. Jika Anda
malas keluar rumah atau jalan-jalan di mall, lebih baik buka situs e-commerce,
tanpa antri, tanpa macet, tau-tau barang yang dipesan sudah sampai di rumah.
Dari beberapa situs e-commerce di atas akan sangat berguna bagi Anda yang ingin
melakukan aktifitas jual beli online. Dengan percepatan teknologi dewasa ini
membuat segala sesuatunya dapat berjalan dengan mudah dan efisien, peranan
manusia semakin dibantu dan dipermudah, hal tersebut sangat berdampak sekali
dengan semakin mudahnya orang dalam melaksanakan tugasnya teknologi
1
informasi
(Internet) yang ada sekarang ini dapat dimanfaatkan oleh banyak kalangan, mulai
dari pelajar/mahasiswa sampai kepada tingkat perusahaan, bahkan para politisi
serta pemerintah telah menggunakan teknologi informasi tersebut. Intemet dewasa
ini sangatlah bermanfaat dan besar pengaruhnya terhadap kehidupan berinteraksi
antar sesama manusia, kita dapat melakukan interaksi kepada semua orang
diseluruh muka bumi ini tanpa harus melakukan perjalanan yang jauh dan
mengeluarkan banyak biaya perjalanan, hal inilah yang dapat membuat manusia
semakin dimudahkan dalam berinteraksi dengan menggunakan teknologi tersebut.
Teknologi ini semakin banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin
agar usahanya untuk dapat dikenal diseluruh dunia, tanpa harus melakukan
ekspansi ke negara lain, dan yang pasti investasi yang dibutuhkan untuk
ekspansi itu sendiri juga sangatlah mahal, maka dari itu perusahaan cukup
dengan melakukan promosi lewat intemet maka perusahaan tersebut dapat langsung
dikenal luas. Penggunaan transaksi pembayaran yang dilakukan dapat juga melalui
Internet, yang kemudian konsep ini dikenal dengan e-commerce, yaitu melakukan
transaksi perdagangan secara online. Dengan e-commerce maka rumitnya birokrasi
administrasi dan pembayaran dapat dihapus. Konsep e-commerce itu sendiri
menjadikan kegiatan bertransaksi dapat berjalan dengan mudah dan cepat, serta
yang terpenting adalah menumbuhkan kepercayaan pembeli untuk dapat melakukan
transaksi tersebutdengan jaminan keamanan jaringan Intemet yang betul-betul
aman, disamping masalah desain web serta produk yang ditawarkan termasuk profil
perusahaan, sehingga konsumen dapat tertarik untuk masuk ke website perusahaan
dan selanjutnya melakukan transaksi online.
1.2 Ruang Lingkup
Penulisan Dalam tugas kelompok
ini, kami membahas tentang bagaimana sistem e-commerce berjalan pada perusahaan
lazada. Bagaimana proses yang terjadi dan bagaimana kelebihan serta kekurangan
dari sistem lazada secara keseleuruhan.
2
1.3 Sistematika Penulisan
Kami membagi penulisan tugas
kelompok ini menjadi 5 (lima) bab,dengan tujuan untuk mempermudah kami dalam
menyelesaikan tugas kelompokserta mempermudah pembaca untuk mengerti isi atas
laporan magang ini.Penulisan tugas ini terdiri atas rincian sebagai berikut:
Bab 1: Pendahuluan Bab ini menjelaskan tentang latar belakang kenapa kita
sebagai mahasiswa wajib mengetahui tentang perkembangan yang terjadi di dunia
maya secara umumnya, dan sistem e-commerce secara khususnya. Bab 2: Gambaran
Umum Perusahaan Bab ini menjelaskan mengenai profil perusahaan Lazada
(www.lazada.co.id) yang menjadi sumber data kami dalam penulisan tugas kelompok
ini. Di dalam bab ini juga terdapat thesis statement yang berisi tentang inti
dari keseluruhan apa yang kami bahas di dalam tugas ini Landasan Teori Bab ini
menjelaskan mengenai landasan-landasan yang digunakan dalam mempelajari
e-commerce. Landasan teori di bab ini meliputi pengertian e-commerce, mekanisme
di dalam sistem e-commerce, sistem pembayaran, sistem advertising, dan metode
promosi serta isu yang terkait dengan hukum dan etika. Bab 3 : Pembahasan Bab
ini menjelaskan mengenai gamparan umum sistem penjualan di dalama perusahaan
e-commerce lazada, produk apa yang disediakan, bagaimana sistem pembelian dan
cara pembayarannya, Universitas Indonesia. Syarat dan ketentuan yang diterapkan
oleh lazada, serta yang berkaitan dengan privasi dan kerahasiaa. Bab 4:
Kesimpulan Bab ini berisikan tentang kesimpulan yang kami dapatkan setelah kami
melakukan penulisan tugas kelompok ini.
3
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
2.1 Profil Perusahaan
Lazada merupakan top online
retailer di Indonesia. Perusahaan inimemberikan kesempatan kepada konsumen
untuk membeli segala jenis produkyang berkaitan dengan elektronik, dekorasi
rumah tangga hingga produkkesehatan dan kecantikan hanya dengan mengakses ke
website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar ke rumah-rumah
konsumen denganpelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru
dan terbaik.Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang tunai bila tidak
memiliki kartukredit. Tujuan dari perusahaan ini adalah menjadi salah satu
belanja online yangpaling top dan utama di Indonesia serta memberikan pelayanan
kepada konsumensecara maksimal, memberikan inspirasi dalam belanja dan
memberikanpengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih produk online.
Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yangmempunyai jiwa
kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaikdan perusahaan
di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitasdalam pemberian
pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secaramaksimal. Pelayanan yang
Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasarIndonesia, antara lain
:
1.
Menyediakan produk premium dengan delapan kategori : elektonik- komputer,
perlengkapan & peralatan rumah tangga, perlengkapan anak, produk kesehatan
& kecantikan, perlengkapan travelling, perhiasan & jam tangan, serta
perlengkapan olahraga. Untuk elektronik, Lazada menyediakan smartphones,
televisi, video hingga berbagai aksesoris untuk melengkapi peralatan elektronik
konsumen. Lazada juga menawarkan solusi untuk keperluan rumah tangga yang dapat
ditemukan pada kategori perlengkapan & peralatan rumah tangga serta
menyediakan berbagai macam aksesoris untuk hewan peliharaan kesayangan.
2. Apabila konsumen ingin
piknik ke pantai atau hanya di halaman rumah, Lazada menyediakan berbagai
perlengkapan untuk keperluan aktifitas luar
4
ruangan. Lazada juga memiliki
berbagai pilihan peralatan pencahayaan, peralatan dapur, alat – alat untuk
mengecat rumah dan masih banyak lagi. Lazada juga menawarkan produk untuk si
buah hati mulai dari mainan anak-anak , meja dan kursi untuk bermain, matras
hingga tempat tidur. Selain itu konsumen dapat menemukan berbagai peralatan
make-up serta produk kesehatan & kecantikan disini. Bagi pelanggan yang
memiliki hobi travelling, temukan juga pilihan perlengkapan travelling dan
backpacks.
3. Lazada menawarkan discount
dan harga yang menarik. Lazada sangat fokus dalam menyediakan berbagai produk
dengan harga spesial. Lazada juga menawarkan dengan harga yang kompetitif
dibandingkan retailer lainnya.
4. Untuk biaya ongkos kirim
Lazada tidak mengenakan tarif sama sekali, dan sangat cepat sampai di depan
pintu rumah pelanggan. Untuk pemesanan, Lazada menyediakan pelayanan yang cepat
dan ekslusif dengan menggunakan kurir yang professional.
5. Lazada menerima pembayaran
dengan uang tunai, kredit maupun debit. Permasalahan Lazada merupakan toko
online yang menjual beberapa produknya menggunakan Blog dan twitter sebagai
alat e-commerce, mereka memasarkan berbagai jenis produk beserta klasifikasi
dan harga yang dicantumkan di setiap label barang/produk yang dijual. Hal ini
yang membuat pelanggan dengan mudah memilih dan mengakses setiap jenis produk
yang diinginkan. Manfaat dari penggunaan e-commerce itu sendiri adalah
inovasi-inovasiyang disediakan mempunyai banyak manfaat bagi organisasi,
perorangan, danmasyarakat, selain itu e-commerce dapat membuat pasar nasional.
5
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Model Sistem Umum
Perusahaan Lazada
Gambaran Umum Sistem Penjualan
Lazada Penjualan dalam Lazada lebih berfokus kepada B2C (Business to Customer)
dimana target pemasaran perusahaan adalah pembeli individu. Sistempenjualan di
Lazada ingin memberikan sebuah pengalaman kepada pembeli ataucustomer
experience yang berbeda dari jika pembeli membeli dari toko secarafisik. Lazada
lebih berfokus kepada penjualan produk electronik, buku,software, perlengkapan
otomotif, dan peralatan rumah tangga serta sejumlah kecil aksesoris, peroduk
kecantikan dan kesehatan. Sejumlah merk terkenal telahterdaftar di Lazada
Indonesia. Salah satu keunggulan yang diberikan Lazada adalah layanan antar
gratisdi wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek dan sistem Cash On Delivery
untukwilayah Jakarta. Perusahaan juga menyediakan layanan customer service
dengan nomor 081285866825 / 021 46652854. Layanan konsumen berlaku pukul 09:00
– 21:00 untuk hari senin – jumat dan pukul 09:00 – 17:00 untuk hari sabtu.
Produk Yang Disediakan Didalam Lazada Beberapa produk premium yang ditawarkan
dan tersedia saat ini di Lazada adalah : Elektronik Komputer, Perlengkapan
dan peralatan rumah tangga, Perlengkapan anak, Produk kesehatan dan
kecantikan, Perhiasan dan jam tangan, Perlengkapan otomotif, Perlengkapan
olahraga.
3.2 Sistem Pembelian Di
dalam Lazada.
Metode Pembayaran Perusahaan
merepakan sistem pembayaran secara online sesuai dengan segmen perusahaan yaitu
penjualan secara e-commerce. Sebelum pembayaran dilakukan pembeli terlebih
dahulu mengisi identitas pembeli di kolom informasi pelanggan. Kolom informasi
pelanggan berisi Alamat penagihan, email, password email, nama depan, nomor
ponsel, nomor lainnya, tanggal lahir, jenis kelamin, jenis alamat (apakah alat
yang dituju adalah alamat kantor atau alamat rumah), alamat, provinsi, kota,
kode pos, kecamatan atau kelurahan. Kemudian pembeli yang melakukan transaksi
di dalam Lazada dapa tmenggunakan e-credit cards sebagai alat pembayaran.
Sistem
6
pembayaranpertama
melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit
yangdikeluarkan oleh Visa dan Master Cards. Sistem pembayaran kedua adalah bank
transfers, dimana pembeli dapatmenggunakan sistem transfer melalui 2 rekening
yang tersedia yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Lazada juga memberikan kemudahan
kepada pembeli yang berasal dari Jabodetabek secara umumnya dan Jakarta secara
khususnya dapat dilayani dengan sistem Cash On Delivery.
3.3 Sistem Pengiriman Barang
Lazada melayani pengiriman
barang ke seluruh Indonesia melalui rekan bisnisnya yaitu GED. Sedangkan untuk
pengiriman diwilayah Jakarta dan sekitarnya, lazada menggunakan rekan bisnis
nya yaitu Go-Jek. Pada saat promo dengan event tertentu lazada dapat
menggratiskan biaya kirim ke seluruh Indonesia untuk lebih menarik minat
konsumen dengan berbelanja di lazada.
3.3.1 Syarat dan Ketentuan
Pembukaan Account Syarat dan
ketentuan yang diterapkan oleh Lazada diberlakukan kepada seluruh pengguna
situs Lazada (www.lazada.co.id. Selaku operator situs lazada, dan semua divisi,
anak perusahaan, serta afiliasi situs internet yang berdasarkan referensi
syarat dan ketentuan yang berlaku.
3.3.2 Penggunaan Situs
Pengguna situs ini diwajibkan
berusia minimal 18 tahun atau mengakses dibawah pengawasan orang tua atau wali
hukum. Lazada memberikan konten yang disediakan hanya untuk tujuan
informasi,dan disebutkan juga didalam situs tersebut bahwa produk yang
direpresentasikan pada situs ini adalah milik vendor dan tidak dibuat oleh
lazada nya sendiri. Sedangkan opini di dalam situs lazada adalah pendapat
individu yang telah terdaftar sebagai anggota lazada. Selama proses pendaftaran
lazada mewajibkan persetujuan kepada users untuk menerima email promosi dari
situs yang merupakan bagian dari advertisingyaitu permission marketing.
7
3.3.3 Drop Shipment
Ketentuan drop shipment berlaku
untuk barang-barang furniture dan home appliances, dan tim customer service
dari lazada akan menelepon pelanggan setelah transaksi disahkan untuk
mengkonfirmasi waktu pengiriman dan penerimaan barang. Produk hanya akan diserahkan
kepad pihak yang melakukan pembayaran lunas (pembeli) atau pihak yang telah
ditunjuk oleh pembeli tersebut. Jika pada saat pengiriman barang-barang
kategori furniture dan home appliances, pelanggan atau pihak yang telah
ditunjuk sebagai penerima barang tidak berada ditempat, maka biaya pengiriman
ulang akan dibebankan kepada pelanggan. Sebelum pengiriman, pelanggan akan
diingatkan mengenai hal ini padasaat konfirmasi telepon awal. Apabila pelanggan
menunjuk pihak lain sebagai penerima barang, pihak yang ditunjuk diwajibkan
untuk menunjukkan kartu identitas berupa SIM, KTP,atau Paspor.
Submisi Pengguna Lazada telah
menerapkan sebuah peraturan yang berisi bahwa segala apapun yang users berikan
kepada situs lazada, seperti pertanyaan, ulasan, komentar, dan saran akan
menjadi milik tunggal dan eksklusif untuk lazada dan tidak akan dikembalikan
kepada users.
3.4 Penerimaan Pesanan dan
Harga
Didalam situs lazada disebutkan
bahwa ada kemungkinan kasus-kasus ketika order tidak dapat diproses karena
berbagai alasan. Situs berhak untuk menolak atau membatalkan pesanan dengan
alasan apapun pada waktu tertentu. Users mungkin akan diminta untuk memberikan
verifikasi tambahan atau informasi. Lazada bertekad untuk memberikan informasi
harga yang paling akurat pada situsnya, tetapi lazada juga menyebutkan didalam
situsnya bahwa kesalahan pemberian informasi yang akurat bisa saja salah,
seperti ketika harga item tidak ditampilkan dengan benar di dalam websitenya.
Dengan demikian pihak lazada berhak untuk menolak atau membatalkan pesanan
apapun. Pihak lazada akan menghubungi pembeli untuk memberitahukan pembatalan
tersebut. Di dalam situsnya juga disebutkan bahwa pihak lazada berhak untuk
menolak atau membatalkan pesanan seperti apakah pesanan telah dikonfirmasi dan
kartu kredit pengguna akan dikenakan biaya.
8
3.5 Trademarks and
Copyrights
Seperti yang telah disebutkan
didalam situs lazada, bahwa semua kekayaan intelektual apakah terdaftar maupun
tidak terdaftar disitus, informasi konten pada situs dan semua desain website,
telah dilindungi oleh hak cipta sebagai karya kolektif dibawah hukum hak cipta
Indonesia dan konvensi internasional.
3.6 Yuridiksi dan Ketentuan
Hukum Yang Berlaku
Disebutkan didalam situs
lazada, bahwa syarat dan ketentuan yang telah disebutkan akan ditafsirkan dan
diatur oleh hukum yang berlaku di Jakarta, Indonesia. Dengan ini setuju untuk
tunduk kepada yurisdiksi pengadilan dari Jakarta dan untuk mengesampingkan
keberatan berdasarkan tempat.
Arbitrase Kontroversi, klaim
atau sengketa yang timbul dari atau berhubungan dengan syarat dan ketentuan
yang telah disebutkan didalam situs lazada akan disebut dan akhirnya
diselesaikan oleh arbitrase mengikat diri peribadi dan rahasia sebelum arbiter
tunggal yang diselenggarakan di Jakarta, Indonesia dalam bahasa dan diatur oleh
hukum Indonesia berdasarkan Peraturan Komersial Konsiliasi dan Arbitrasi,
sebagaimana telah diubah, diganti atau kembali diberlakukan dari waktu ke
waktu.
3.7 Pemutusan
Disebutkan disini yang dimaksud
dengan pemutusan adalah pemutusan bersifat dilarangnya users yang telah diblock
oleh situs tersebut, sehingga users tidak bisa menggunakan aksesnya didalam
situsnya tersebut karena syarat dan kondisi yang berlaku. Didalam situsnya
disebutkan bahwa jika users tidak bersedia untuk menerima segala ketetapan yang
telah dibuat pihak lazada, users memiliki upaya hukum tunggal dan eksklusif
untuk menghentikan penggunaan situs ini.
3.8 Privasi dan Kerahasiaan
Penggunaan Data Yang Diperoleh
Dijelaskan didalam situs lazada, bahwa PT. Pilar Utama Cakrawala sebagai pihak
yang menjalankan situs
9
www.lazada.co.id
sangat menghargai privasi setiap users dan akan menjaga setiap informasi
pribadi users bersangkutan sebaik mungkin. Pihak lazada mendapatkan informasi
tentang users sebagai bagian dariproses jual-beli didalam situs tersbut.
Informasi yang didapat tidak hanya terbatas pada username, password, nama,
gelar, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat email,alamat rumah, alamat pos,
tetapi juga bersangkutan dengan alamat pengiriman. Jika berbeda dengan alamat
rumah, nomor telepon, nomor ponsel, nomor fax, rincian pembayaran kartu kredit
dan rincian rekening bank. Nama dan alamat itu juga akan diberikan kepada pihak
ketiga sebagai bagian dari pengiriman barang yang telah dibeli. Tidak hanya
terbatas sebagai bagian dari proses pengiriman, tetapi lazada juga dapat
meberikan informasi users kepada perusahaan lain yang masih dalam kelompok
usaha lazada dibawah naungan Rocket Internet. Seperti contoh, pihak lazada
dapat menggunakan pihak ketiga untuk membantunya dalam bukti pengumpulan
pembayaran, menganalisis data sebagai tujuan perlindungan penipuan dan
pengurangan resiko kredit. Cookies adalah file teks kecil yang
mengidentifikasikan komputer pengguna kedalam server lazada sebagai unique
users pada saat users mengunjungi halaman situs lazada. Cookies dapat
mengidentifikasikan alamat IP (Internet Protocol) komputer users. Pada situs lazada,
pihak pengoperasian situs menggunakan GoogleAnalytics yaitu analisis layanan
web yang disediakan oleh Google Inc. Google Analytics akan menganalisis cookies
pada komputer users dan data yang diadapttakan ditransmisikan dan disimpan oleh
Google pada server di Amerika Serikat.Informasi yang yang dihasilkan adalah
tentang penggunaan situs web (termasuk alamat IP komputer users).
3.8.1 Keamanan
Pihak lazada telah
mengantisipasi mengantisipasi kemungkinan masalahkeamanan yang berkaitan dengan
tercurinya database mereka denganmenggunakan firewall pada sistemnya. Kemudian
pihak lazada juga menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure Socket Layer
(SSL) coding yang diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin keamanan
100% dari pencurian oleh cracker. Oleh karena itu users dihimbau untuk tidak
10
mengirimkan
rincian lengkap kartu kredit dan debit di enkripsi komunikasi elektronik.
3.8.2 Hak Users
Jika users khawatir tentang
data pribadinya, users memiliki hak untukmeminta akses ke data pribadi yang
pengelola situs simpan. Users juga memiliki hak untuk meminta pengelola situs
untuk memperbaiki kesalahan dalam datanya secara gratis dan meminta pengelola
situs untuk berhenti menggunakan data pribadi users untuk tujuan pemasaran
langsung. Media Publikasi Layaknya sistem penjualan yang berbasis pada online
sales, makaperusahaan juga memiliki bagian pemasaran yang memasarkan berbagai
produkmereka tidak hanya melalui web (www.lazada.co.id) tetapi juga lazada
melakukan kegiatan publikasi melalui media seperti : 1. Facebook ( dengan nama
ID Lazada.co.id) 2. Twitter (dengan nama ID @LazadaID) 3. Linkedln (dengan nama
ID Lazada Indonesia) 4. Google+ (dengan nama ID Lazada Indonesia,) 5. Youtube
(dengan nama ID LazadaID) 6. Pinterest (dengan nama ID LazadaID) dan 7. Blog
(dengan alamat www.blog.lazada.co.id) Melalui pemasaran lewat media publikasi
yang sudah terdaftar atas nama Lazada indonesia, para pembeli bisa mengakses
melalui situs media sosialfavourite mereka, dan melalui media sosial tersebut,
pihak lazada akanmengarahkan langsung kedalam situs web nya sendiri
(www.lazada.co.id) jikacalon pembeli tertarik untuk membeli produk tersebut.
11
BAB IV
KESIMPULAN
4.1 Kesimpulan
Lazada.co.id baru berdiri
sekitar 3 bulan. Tetapi jika dilihat dari kesuksesan yang diraih perusahaan
bagaimana kita melihat isi dari website mereka, terlihat lebih banyak barang
yang ditawarkan. Jika merujuk kepada kesuksesan yang telah diraih pendahulunya
yaitu amazon (www.amazon.com)memang ini masih sangat jauh, karena sistem dari
lazada sendiri yang lebih berfokus kepada regional, tidak seperti amazon yang
bisa melayani seluruh dunia.Lazada lebih banyak disebar diberbagai negara,
dimana untuk wilayah asia tenggara, indonesia lah yang menjadi cabang pertama
dari lazada. Keunggulan lazada adalah mereka berfokus kepada daerah layanan
mereka sendiri yang lebih bersifat regional, seperti lazada ID berfokus kepada
pelayanan kepada konsumen diseluruh indonesia. Tidak hanya itu, dengan
menggandeng mitra bisnis seperti Go-Jek dan GED sebagai bagian dari proses
pengiriman barang sangat mengurangi resiko barang tidak sampai ke tangan
konsumen. Sesuai dengan wawancara kami dengan salah satu karyawan Lazada, Bapak
Irsyad, perusahaan pada awalnya mengalami hambatan karena dalam melakukan
penjualan dikarekan masih barunya situs lazada ini.
Walaupun mengalami hambatan
dalam melakukan penjualan di awal-awal pembentukan lazada indonesia, pihak
lazada sangat merespon dengan sangat baik dengan melakukan berbagai promo untuk
menaikkan keinginan masyarakat berbelanja di dalam situs mereka. Sehingga jika
melihat kesuksesan yang diraih oleh lazada kita dapat menyimpulkan bahwa,
sistem e-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket internet dengan anak
perusahaanya yaitu lazada sangat diminati oleh para konsumen. Dengan pergerakan
volume penjualan setiap bulannya, seperti gambar dibawah ini : Tabel 2
Penjualan (dalam unit) 9000 8000 7000 6000 5000 4000 Penjualan (dalam 3000
unit) 2000 1000 0 maret april mei minggu pertama Kenaikan penjualan disebabkan
karena tersedianya beraneka ragam kebutuhan elektronik dan kebutuhan lainnya
yang menjadi segmen penjualan perusahaan, tidak memerlukan proses yang rumit
dalam melakukan
12
pembayaran
dan konsumen diberikan kemudahan dengan pihan pembayaran dengan syarat
danketentuan yang berlaku, dan dilayani dengan sistem pengiriman yang baik
sehingga pelanggan yakin bahwa barang yang diterimanya selamat sampaiditujuan
disamping vallue added lainnya seperti kemudahan yang didapatkan oleh konsumen
yaitu bisa berbelanja hanya melalui komputer, serta memberikan pengalaman yang
berbeda dibandingkan berbelanja pada toko secara fisik.
4.2 Kelebihan dan Kekurangan
dari E-commerce
Lazada Indonesia Inovasi yang
diciptakan oleh manusia memberikan banyak keuntungan untuk sebuah perusahaan
secara umumnya dan pembeli secara khususnya. Keuntungannya adalah bagaimana
perusahaan bisa menyerap pembeli dari tingat nasional sampai internasional.
Sedangkan bagi pembeli adalah pembeli dapat mengakses itu semua dengan cepat
dan mudah serta memberikan kemudahan dalam memilih setiap produk yang
disediakan. Kelebihan yang sangat berbeda dengan sistem e-commerce lainnya
adalah, pelayanan yang diterapkan oleh lazada sangat profesional, terlihat
dengan sistem pengirimannya yang menggandeng Go-Jek untuk layanan antar COD,
dan GED untuk layanan antar diluar area Jakarta dan sekitarnya. Selain itu
kemudahan yang disediakan untuk melakukan pesanan tanpa harus melalui proses
yang sangat berbelit-belit serta bagaimana juga konsumen tanpa harus menunggu
lama-lama agar barangnya tiba ditempat yang diinginkan. Kekurangan dari lazada
yang sangat menonjol adalah tidak menutup kemungkinan dari consumer yang
berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs e-commerce ini yang
dikarenakan nomor customer service yang dicantumkan di situs merupakan nomor
provider untuk telepon genggam yang dianggap sama dengan kebanyakan situs /
penjual produk bohongan (penipuan) yang juga tersebar di internet.
Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura
BalasHapusSaya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
~~~Hub;~~~
Call: 0823 5329 5783
WhatsApp: +6282353295783
Yang Punya Room Trimakasih
----------